Beda Lomba Karya Nyata dan Lomba Karya Tulis dalam Apresiasi PTK PAUDNI


Apa Beda Lomba Karya Nyata dan Lomba Karya Tulis
dalam Apresiasi PTK PAUDNI?

Published By Fauzi EP On Senin, April 9th 2012. Under

         Pada apresiasi PTK PAUDNI pada tahun 2012, yang dulu bernama Jambore PTK PAUDNI, terdapat lomba karya nyata (LKN) dan lomba karya tulis (LKT). Dokumen kedua jenis lomba ini sama-sama diformulasikan dalam bentuk karya tulis ilmiah. Lalu apa beda antara LKN dan LKT ?


Lomba karya nyata (LKN) adalah hasil pengalaman langsung sebagai PTK-PAUDNI baik individual maupun kelompok pada bidang pembelajaran atau pengelolaan program/kegiatan PAUDNI yang memiliki nilai-nilai keunggulan/kekhasan/keunikan tertentu (bukan hasil penelitian/penelitian tindakan) yang dapat diadopsi oleh PTK-PAUDNI lainnya, tidak perlu mengutip peraturan, teori dan daftar pustaka.
Kata kunci pertama dari LKN adalah hasil pengalaman langsung bukan berupa gagasan atau ide yang akan dilakukan. Kata kunci kedua adalah memiliki nilai-nilai keunggulan, kekhasan, dan keunikan tertentu. Artinya pengalaman langsung yang sifatnya biasa-biasa atau standar akan sulit meraih sekor yang tinggi. Hanya pengalaman langsung yang memiliki keunggulan, kekhasan, dan keunikan tertentu dibandingkan dengan pelaksanaan program sejenis yang mampu bersaing.
Sistematika dokumen karya nyata biasanya terbagi menjadi empat bab. Bab I berisi pendahuluan yang terdiri dari latar belakang, rumusan masalah dan tujuan. Kendala berarti biasanya ditemukan pada merumuskan latar belakang. Pengalaman banyak orang biasanya sulit untuk merumuskan latar belakang untuk masuk ke dalam persoalan mengapa mengangkat judul dan tema karya nyata.
Bab II, berupa profil lembaga atau program/satuan PAUDNI yang diangkat dalam judul karya nyata. Deskripsikan berbagai aspek atau komponen profil lembaga atau satuan PAUDNI.
Bab III, mendeskripsikan keunggulan, kekhasan, dan keunikan. program atau satuan PAUDNI dengan berbagai aspek dan tinjuan sehingga meyakinkan pembaca/yuri. Deskripsi pada bab ini harus bisa menunjukkan orisinalitas karya, keefektivan, keefisienan, serta dampak atau manfaat bagi penyelenggaraan PAUDNI. Di samping itu harus bisa menunjukkan karya nyata telah dilakukan di lapangan dan berkesinambungan.
Dan Bab IV, seperti biasanya adalah penutup. Perlu pula dilampirkan berbagai porto folio terkait dengan karya nyata yang dilakukan.
Sementara itu, lomba karya tulis (LKT) adalah hasil pemikiran/gagasan/ide PTK-PAUDNI baik individual maupun kelompok yang berisi tentang inovasi program/kegiatan yang dapat dijadikan acuan, rujukan, pemecahan masalah, peningkatan mutu pembelajaran atau pengelolaan program PAUDNI yang memiliki nilai-nilai keunggulan tertentu (bukan merupakan hasil penelitian atau penelitian tindakan) dan layak untuk diterapkan pada bidang PAUDNI.
Perbedaan pokok antara LKT dan LKN adalah bahwa LKT merupakan hasil pemikiran/gagasan/ide jadi boleh belum dilaksanakan secara berkesinambungan di lapangan. Berbeda dengan LKN yang harus sudah dilakukan secara berkesinambungan. Karena itulah, pada aspek penilaian kualitas isi disamping orisinalitas, kekhasan, maka LKT harus memiliki inovasi, kejelasan alur pikir dalam tulisan, dan kelengkapan dan keseuaian data pendukung (empiris dan teoritis) yang valid.

Kelompok lomba perorangan yang termasuk lomba karya nyata adalah:

  1. Pengelola PAUD, pengelolaan PAUD Terpadu (TK/KB/TPA/SPS)
  2. Pengelola Kursus dan Pelatihan, inovasi pemasaran lembaga kursus dan pelatihan terhadap program dan produk kursus
  3. Pengelola PKBM, strategi pengelolaan jejaring kerja untuk kemandirian Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM)

Kelompok lomba perorangan yang termasuk lomba karya tulis adalah:

  1. Pendidik PAUD (TPA/KB/TK/SPS), Pendekatan Pembelajaran Kecerdasan Jamak untuk Anak Usia Dini
  2. Pamong belajar P2PNFI/BPPNFI/BPKB/SKB, pengembangan media pembelajaran interaktif bagi PAUDNI
  3. Penilik, dengan tema metode pelaksanaan pembimbingan terhadap PTK PAUDNI dalam Penyelenggaraan PAUDNI

Sumber : http://fauziep.blogdetik.com/2012/04/09/apa-beda-lomba-karya-nyata-dan-lomba-karya-tulis-dalam-apresiasi-ptk-paudni/

By Tua Dasius Sitanggang Posted in PNF

4 comments on “Beda Lomba Karya Nyata dan Lomba Karya Tulis dalam Apresiasi PTK PAUDNI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s